Berkreasi Dengan Pen Tool

14 Jan 20139komentar


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Alhamdulillah, setelah beberapa hari tidak sempat ngotak-ngatik Blog karena banjir pekerjaan laksana banjir bandang yang menghanyutkan segala macam barang dari yang ringan sampai yang berat... Saking banyaknya sampai lupa mandi dan makan, namun kita harus Profesional dengan mendahulukan pekerjaan dari pada nge-Blog, meski hanya sebagai  seorang kuli ... Emang capek  jadi Kuli,  tapi kl kita nikmati dan syukuri tentu akan serasa lebih ringan dan menyenangan dalam  bekerja meski berat beban yang kita pikul .. Waduh lakok jadi ngelantur lari kencang  menjauh dari judul seperti sipanjul yang lari kencang tunggang langgang dikejar bapaknya karena gak mau dicukur.
Oke deh kembali ke Taufik, Eh ke Topik....., saya akan coba untuk berbagi tutorial Ps, tutorial berkreasi dengan Pentol, maksud saya Pen Tool....

Pertama, Ucapkan Bismillah dengan hati yang Ikhlas agar kita diberi kemudahan dalam belajar dan diajuhkan dari segala apa yang tidak kita harapkan, kalau sudah mari kita buka Photoshop kita dan buat dokumen baru dengan ukuran dan warna background sesuaikan dengan kebutuhan kita masing-masing. Yang jelas  dalam tutorial ini kita memerlukan Foto, bisa foto sendiri atau teman, atau bisa juga foto kakek nenek kita biar sekali-kali ngegaya  ngerasain yang namanya Shoto Shop -). Dalam tutorila kali ini saya menggunakan Background dengan warna Hitam.

Kedua, Setelah Dokumen baru  terbuka, masukkan foto lalu Seleksi dan hapus bagian yang tidak kita inginkan, untuk Teknik seleksi dan menghapus sebagian object yang ada difoto kita lewati aja karena  kita anggap kita udah bisa. 

Gambar dibawah ini adalah gambar foto yg saya jadikan bahan sebelum dan sesudah di operasi ( maksud saya sebelum dan sesudah di seleksi dan di hapus Backgroundnya).
Ketiga, setelah Foto rapi dan siap dikreasikan, saatnya kita memasuki babak inti yaitu berkreasi dengan Pen Tool. Buatlah object lekukan garis menggunakan Pen Tool dengan pola seperti gambar dibawah ini.
Keempat, Setelah Lekukan garis terbentuk Klik Brush dan Pilih Mode Soft dengan ukuran kira-kira  3-4 pixel atau bisa juga kurang atau lebih dari itu, sesuaikan aja dengan selera anda. Kemudian Klik Path Selection.. lalu Klik kanan pada Garis Path  >> Stroke Path >>Pilih Brush >>OK. Lihat gambar dibawah...


Untuk menghilangkan Garis Path Bisa dengan cara Klik Kanan >>Delete Path, bisa jg dengan cara pintas yaitu dengan tekan CTRL+H.

Kelima, Copy layer1 (Layer Lekukan garis) dengan menekan CTRL+J sejumlah yang anda kehendaki, jika empat kali menakan CTRL+J maka akan menghasilkan 4 Layer (4 Lekukan garis). Setelah Layer1 (lekukan garis) tergandakan  sekarang Gabungkan Layer-layer tadi dengan menekan CTRL+E.

Kelima, Duplikat layer hasil penggabungan tadi dengan  menekan CTRL+J lalu Klik >> Edit >> Transform >>Flip Horizontal, Lihat Gambar di bawah...
 Maka hasilnya akan seperti di bawah ini....

Keenam, Pekerjaan selanjutnya adalah menghapus bagian-bagian dari lekukan garis-garis tadi yang kira-kira perlu kita hapus untuk memunculkan kesan lekukan garis melingkari foto. Dan dengan menambahkan sedikit sentuhan Brush lainya kita dapatkan hasil seperti gambar dibawah.
Nah di atas adalah sedikit tutor  berkreasi dengan menggunakan Pen Tool, untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus tentu kita bisa menambahkan sentuhan-sentuhan lain menggunakan Brush, dan tool-tool lain yang kita kuasai.

Akhir kata, Alhamdulillah..Puji Syukur Kepada Alloh Rabb yang telah memberikan kemudahan kepada saya dalam membuat Tutorial Photoshop ini. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penyajian tutorial ini ...Semoga bermanfaat.




Artikel di atas tentang Berkreasi Dengan Pen Tool Silakan baca juga Artikel yang lainnya. Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel ini dirasa layak dan perlu untuk disebarluaskan, namun diharapkan untuk meletakkan link http://jizants.blogspot.com/2013/01/berkreasi-dengan-pen-tool.html sebagai sumbernya. Terima Kasih atas Kesediaanya membaca Artikel di Blog ini. Semoga bermanfaat.
Share this article :

+ komentar + 9 komentar

Anonim
Rabu, 16 Januari, 2013

Hehehehe Keren.. lanjutkan, tapi harus yang lebih keren lagi ya.. heheheee

Kamis, 17 Januari, 2013

visit me

www.software182.com

Jumat, 18 Januari, 2013

Kayak banjir di Jakarta tuh? Hehehe.
Mantab tutorial potosopnya, gan. Ternyata bisa gitu ya? Hehehe. Saya sudah lama gak main potosop. Lain kali kalau buka potosop saya praktek trik ini. :)
PS: ini kunjungan balik, gan. Sori telat :)

Jumat, 18 Januari, 2013

btw, saya masukkan blog agan ke link teman-teman saya. tapi agan jizants gak wajib memasang link blog asya di blog agan kok (tapi bukan berarti saya nolak lho hehehe).
satu lagi: header-nya bagus, gan. buka jasa bikin header gak? kalau iya, berapa tarifnya? *mengharapmurah.com

Sabtu, 19 Januari, 2013

@An IsmantoInsyaAlloh nanti saya masukkan blog An Ismanto ke link di Blog saya juga... Untuk Header blog saya belom berani buka jasa karena masih sangat terbatas kemampuana saya hehehe, Terimakasih

Sabtu, 19 Januari, 2013

@An IsmantoBro An Ismanto... Terimakasih telah berkunjung, ada kata bijak " Better Late than Never" .. lebih baik telat daripada tidak sama sekali...

Sabtu, 19 Januari, 2013

@bidaimoetgirl o0o tentu dong ..)-

Minggu, 20 Januari, 2013

:D Wah, rendah hati.
Tapi kayaknya kalau saya pesan, saya bukan yang pertama pesan deh hehehe. Kalau sudah siyap buka lapak, Jizants kabari saya ya :)
@Jizant Saputra

Selasa, 22 Januari, 2013

@An Ismanto Heheheheh Bisa aja neh bro An... beres brother nanti saya kabari -)

Posting Komentar

Silakan berkomentar yang baik, Komentar yang mengandung Hujatan dan kata-kata kotor akan dihapus, Terima Kasih

 
Support : Creating Website Mas Template
Copyright © 2012. Jizant Blog - All Rights Reserved
Template Created by Mas Template
Proudly powered by Blogger