Text Bercahaya

22 Jan 201318komentar

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم  Alhamdulillah.. Setelah kemaren mati lampu dari pagi hingga petang dan baru menyala  menjelang Magrib, akhirnya hari ini saya sempatkan lagi untuk mengisi Blog ini  dengan tutorial Photoshop yang sederhana . Lagi-lagi  sederhana karena memang saya masih mampu untuk membuat yang sederhana dan belum mampu membuat tutorial sekelas master, akan tetapi yang sederhana ini saya harapkan dapat bermanfaat bagi rekan-rekan sekelas saya yang ingin belajar dan bermanfaat bagi saya juga, karena  dengan membuat tutorial dengan otomatis kita telah mengasah kemampuan ilmu kita dan sekaligus "mengikat" ilmu kita dalam hal ini ilmu Photoshop. Kata seoarang ulama "untuk mengikat kuda kita membutuhkan tali, dan untuk mengikat ilmu kita memerlukan pena" artinya dengan kita tuliskan berarti kita telah mengikat ilmu kita, sehingga sewaktu-waktu kita lupa kita bisa mengingatnya lagi dengan membaca.

Dalam tutorial kali ini saya akan  mencoba membuat Text dengan effect cahaya yang hasil akhirnya seperti pada gambar disamping ini. Jika tertarik silahkan lanjut mengikuti tahap demi tahap tutorial ini, namun apabila kurang tertarik atau karena udah mahir silakan dilewati aja dan tinggalkan komentar entah kritik saran ataupun kata-kata koreksi jika dalam penyampaian tutorial ini ada kesalahan baik kecil maupun besar.

Langkah ke 1 : Buat Dokumen Baru
Buatlah Dokumen baru dengan ukuran sekitar 1000x800  dengan background putih atau sesuaikan aja dengan selera dan kebutuhan kita, jadi bisa lebih besar atau lebih kecil dari itu, 

Langkah ke 2 : Tuliskan Text
Tuliskan Text pada Dokumen baru dengan jenis dan ukuran font sesuaikan aja dengan selera masing-masing, namun dalam hal memilih jenis font lebih baik jenis  yang agak tebal dengan warna hitam .

Langkah ke 3 : Rasterize Text
Agar Text bisa kita beri effect yang ada dalam menu Filter, terlebih dahulu kita Rasterize. Caranya tekan CTRL+KLIK pada layer text sehingga text akan terlihat terseleksi, kemudian Klik kanan pada layer text dan pilih Rasterize. Untuk mengembalikan ke mode normal tekan CTRL+D.

Langkah ke 4 :  Fill
Pastikan Fill pada text dengan cara tekan SIFT+F5 dan pastikan Blending modenya seperti gambar   dibawah ini :










 Langkah ke 5 : Gaussian Blur 
Masih tetap pada layer text, sekrang kita bubuhkan effect blur, Pilih Filter--> Blur -->  Gaussian Blur dan isikan nilanya kurang lebih seperti pada gambar dibawah ini:

















Langkah ke 6 : Solarize
Setelah langkah diatas, kita kembali lagi ke Filter -->Stylize-->Solarize. Lihat gambar dibawah























 Secara otomatis warna text dan backgrund akan berubah warna yang tadinya text warna hitam dengan latar putih maka sekarang sebaliknya seperti gambar disamping:







 Langkah ke 7 : Effect Cahaya
Untuk memberi effect pencahayaan tekan CTRL+L lalu atur nilainya kurang lebih seperti gambar di bawah:



















Langkah ke 8 :  Copy Layer
Copy layer text dengan menekan CTRL+J sehingga akan menghasilkan dua layer text, yaitu layer text  awal dan layer text hasil copy.

Langkah ke 9 : Polar Coordinates
Pilih layer text hasil copyan (layer paling atas) kemudian pilih Filter--> Distort --> Polar Coordinates. setelah jendela terbuka kita pilih Polar To Rectangular. Lihat gambar di bawah ...















Langkah ke 10 : Image Rotation
Pilih menu Image --> Image Rotation -->90° CW. Setelah itu untuk meng-Invert kita lanjutkan dengan Klik pada keyboard CTRL+I sehingga warna text kembali berubah seperti pada gambar dibawah :

















Langkah ke 11 : Stylize
Langkah selanjutnya Klik Menu Filter -->Stylize--> Wind. Setelah jendela dialog terbuka atur  Method --> Wind dan Direction -->From the Right lalu OK.  Lihat  gambar di bawah ini..


















Langkah ke 12 : Invert  Image
Sebelum melangkah ke Invert, terlebih dahulu kita lakukan tekan CTRL+F beberapa kali (3-5x), kalau sudah sekarang kita Innver dengan cara tekan CTRL+I, maka kita dapati hasil seperti gambar dibawah ini :















Langkah ke 13 : Filter Wind
Setelah langkah diatas sekarang kita tekan CTRL+F beberapa kali lagi yang nantinya akan memunculkan effect cahaya, semakin banyak kita tekan CTRL+F maka akan semakin panjang cahaya/sinar yang akan muncul dari text nantinya, pada tutorial kali ini saya menekan CTRL+F 3 kali. Kemudian lanjutkan dengan menekan SIFT+CTRL+L. Samapai pada tahap ini kita dapatkan Hasil sementera seperti gambar di samping :






Langkah ke 14 : Image Rotation
Kembali ke Menu Image --->Image Rotation--> 90° CCW


Langkah ke 15 : Polar Coordinates
Pilih Menu Filter -->Distort --> Polar Coordinates -->Rectangular to Polar. 















Lankah ke 16 : Blending Mode  dan New Fill Or Adjustment Layer


Atur Blending Modenya dari Normal rubah menjadi Screen, Kemudian  kita kembali ke layer dan perhatikan di bawah layer ada icon New Fill Or Adjustment Layer, Klik Icon tersebut --> Pilih Gardient. Untuk menambahkan Fill pada pekerjaan kita dan pilihlah warna fill sesuai selera kita masing-masing, disini saya memilih warna kuning keemasan.

 



Dan Alhamdulillah Tutorial sudah selesai sampai disini, dengan hasil seperti di bawah ini...kitapun bisa menambahkan lagi dengan effect-effect yang lain untuk mendapatkan hasil lebih... Mohon maaf apabila ada kesalahan dan kekurangan.



















Artikel di atas tentang Text Bercahaya Silakan baca juga Artikel | yang lainnya. Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel ini dirasa layak dan perlu untuk disebarluaskan, namun diharapkan untuk meletakkan link http://jizants.blogspot.com/2013/01/text-bercahaya.html sebagai sumbernya. Terima Kasih atas Kesediaanya membaca Artikel di Blog ini. Semoga bermanfaat.
Share this article :

+ komentar + 18 komentar

Selasa, 22 Januari, 2013

Wou bagus gan saya paktekin ternyata bisa mesti harus mengulang2 tapi akhirnya bisa juga hahaha.. ditunggu tutorial selanjutnya gan

Selasa, 22 Januari, 2013

Nice Tutor.. Good Job bro..

Selasa, 22 Januari, 2013

@heri ansyah Terima kasih atas waktunya singgah di blog ini, dengan usaha yang sungguh-sungguh InsyaAlloh yang sulit menjadi mudah.. Semoga di lain waktu kita bisa sama-sama belajar lagi..Amiin

Selasa, 22 Januari, 2013

wah bagus tuh.. coba tak praktein ah..

Selasa, 22 Januari, 2013

@Achmad Bagus Silakan mas Achamd.. semoga berhasil heheh -)

Selasa, 22 Januari, 2013

menarik nih bang, tapi kalau backgroun font nya bukan hitam kok beda yah bang, jadi gak karuan.. apa ada yang salah yah..... coba-coba sih bang pake merah..hehe..

Selasa, 22 Januari, 2013

@Indra Antara Saya sudah coba dengan warna latar merah dan menurut saya tidak terlalu amburadul kok, tapi memang kalo dibanding dengan latar warna hitam sesuai dengan yang ada dalam totorial ini tetep lebih cantik hasil effect sinarnya .. Trims atas apresiasinya mas Indra... semoga lain waktu sudi mampir lagi ke blog yang masih baru ini -)

Selasa, 22 Januari, 2013

Wah, kebetulan saya baru aja dikasih master photoshop. Langsung praktek trick ini. Gak ada masalah tuh. Tapi mau ditampilin di mana ya? Hihihi. Disimpen aja buat koleksi pribadi. Nice tutorial, Jizants.

Rabu, 23 Januari, 2013

iya nich,,
gambarnya mau warna apa aja cahayanya klo backgroundnya hitam hasilnya jadi keren, tapi klo backgrondnya warna lain hasil cahayanya kurang memuaskan, tapi tetap bagus :)

Rabu, 23 Januari, 2013

keren neh sob, ijin bookmark ya buat di pelajari

Rabu, 23 Januari, 2013

@Rizal UyeSilakan.. dengan senang hati mas Rizal..Trims banyak atas kepedulianya berkomentar di Blog ini..

Rabu, 23 Januari, 2013

@Agung AkBetul Sob...Terima kasih telah sudi meluangkan waktu mampir ke Blog ini ya Sob..

Rabu, 23 Januari, 2013

@An Ismanto Thanks mas Is..... jangan kapok mampir ke Blog ini, maklum kl Blognya masih berantakan , masih baru belajar mas... makasih banyak mas Is...

Rabu, 23 Januari, 2013

@hanif budi Thank Bro Hanif...

Rabu, 23 Januari, 2013

Selamat sore Jizants. ini sudah terus menulis dan memberikan tutorial kepada pembaca merupakan suatu yang luar biasa. :) Saya yakin mas Jizants pasti bisa menulis, hanya gaya penulisannya saja yang berbeda dan itu bisa dipelajari. Saran saya, banyak membaca mas, terutama membaca buku-buku sepereti gaya penulisan saya misalnya novel, karya sastra. Terus menulis mas ya! mohon semaangatkan saya juga untuk terus menulis. :) salam hangat, Janaspriya.

Rabu, 23 Januari, 2013

@Janaspriya Das saya juga baru belajar menulis mas sama kayak mas Jizants, jadi harap di maklumilah yaa

Kamis, 24 Januari, 2013

@Agung Ak Kita sama-sama belajar mas Agung.. ayo semangat...

Kamis, 24 Januari, 2013

@Janaspriya Das Terima kasih atas motifasi dan saranya sob, semoga kita semua semakin semangat dan semakin berkembang dengan saling memberi motofasi....

Posting Komentar

Silakan berkomentar yang baik, Komentar yang mengandung Hujatan dan kata-kata kotor akan dihapus, Terima Kasih

 
Support : Creating Website Mas Template
Copyright © 2012. Jizant Blog - All Rights Reserved
Template Created by Mas Template
Proudly powered by Blogger